Sabtu, 23 Oktober 2010

ISTILAH MAKANAN

istilah-istilah makanan
a la Carte :
(KART) Bahasa Perancis yang dipergunakan untuk menjelaskan pemilihan menu di restoran menggunakan kartu menu dengan daftar hidangan yang tersedia. Selain a la Carte, pemesanan menu di restoran juga dapat menggunakan pemesanan paket menu komplit yang biasanya terdiri dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course) dan makanan penutup (dessert).
aioli :
(eye-YO-lee)Mayonnaise rasa bawang putih yang dibuat dari bawang putih yang diperas atau diparut, kuning telur, minyak dan bumbu-bumbu. Sebelum dihidangkan, aioli ditambahkan sari lemon dan sedikit air dingin. Aioli dihidangkan sebagai saos pendamping untuk steak atau makanan ringan seperti roti atau sayur-sayuran.
al dente :
(ahl-DEN-tay)Bahasa Italia yang dipergunakan untuk menggambarkan kondisi kematangan pasta, risotto dan sayur-sayuran dalam masakan Itali. Bahan-bahan makanan tersebut harus terasa renyah apabila digigit, tidak boleh terlalu lembek atau masih mempunyai bagian yang masih mentah atau keras.
al forno :
(ahl FOHR-noh)Bahasa Italia yang menggambarkan hidangan yang dimasak dengan cara dipanggang dalam open.
amaretto :
(am-ah-REHT-toh) Likor khas Italia dengan rasa kacang almond.
American Breakfast :
Menu sarapan khas Amerika yang biasanya terdiri dari telur, sari buah, sosis dan ham, roti panggang atau dan kue dadar (pancakes).
Andaliman :
Bumbu khas dari Sumatera Utara. Dijumpai di dalam dapur Batak. Bentuknya mirip seperti merica berwarna hijau dengan aroma yang segar dan rasa pedas getir
antipasto :
(ahn-tee-PAH-sto)Bahasa Italia yang mempunyai arti yang sama dengan 'appetizer' dalam bahasa Inggris, yaitu beragam makanan ringan yang dihidangkan sebelum menu utama. Hidangan yang umum ditemukan sebagai antipasti adalah sayur-sayuran seperti tomat, terong, buah zaitun yang dibumbui dengan rempah, bawang putih dan direndam dalam minyak zaitun (olive oil).
aperitif :
(ah-pear-uh-TEEF)Bahasa Perancis yang menggambarkan minuman beralkohol yang dihidangkan sebelum makan sebagai perangsang nafsu makan. Minuman yang dihidangkan pada umumnya adalah anggur (wine), sherry, sampanye (champagne).
appetizer :
MARSALA :
Marsala adalah anggur jenis fortfied (anggur kuat)yang paling terkenal di Italia yang diimpor dari Sisilia dengan jenis rasa mulai pahit hingga manis. Anggur Marsala pahit digunakan sebagai perangsang rasa ketika memulai makan sedangkan yang manis digunakan sebagai minuman penutup. Juga populer sebagai anggur untuk memasak.
MARSHMALLOW :
Marshmallow adalah sejenis permen manisan yang dibuat dari akar tumbuhan marshmallow.
Sejarah: Nama tumbuhan marshmallow sudah sangat tua, Pertama kali ditemukan pada buku pengobatan Inggris tua yang ditulis sekitar tahun 1000 M. Sebagai permen mulai dikenal sejak abad 19. Aslinya tumbuhan marshmallow dicampur dengan dengan telur dan gula lalu dikocok hingga berbusa. Saat ini marshmallow dibuat dengan campuran gelatin, air, gula, putih telur, sirup jagung, ekstrak vanila, dan pemanis artifisial.
MARTINI :
Martini adalah minuman yang terdiri dari campuran gin dan variasi dari dry white vermouth, tergantung dari selera seseorang dan dihidangkan secara tradisional dengan gelas berbentuk V. Bisa dihias dengan buah zaitun, hiasan bentuk simpul atau cocktail onion. Martini adalah salah satu minuman beralkohol yang terkenal dan telah sering menjadi ikon dan tampil di berbagai macam film, karya tulis, dan hasil seni popular lainnya.
MARZIPAN :
(MAHR-zih-pan) Campuran dari gula, kacang almond, dan putih telur. Sering disebut juga pasta almond. Sering digunakan untuk campuran hidangan penutup (dessert). Pasta Almond dan Marzipan keduanya dibuat dari bahan yang sama, yang membedakan adalah hanya kandungan gulanya. Digunakan terutama untuk manisan atau dekorasi karena mudah dibentuk dan rasanya khas. Bahan ini tidak bisa digantikan dengan yang lain.
Masala; Garam Masala :
Campuran rempah bubuk. Umumnya terdiri dari bubuk kayu manis (cinnamon), lada hitam, ketumbar (coriander), jintan, kapulaga, cengkeh dan bunga atau biji pala. Kadang ditambah juga dengan rempah yang mempunyai cita rasa pedas, misalnya bubuk cabe (chili powder). Dibubuhkan atau ditaburkan terakhir pada hidangan sebagai penyedap. Banyak dipergunakan dalam dapur India.
Mascarpone Cheese :
(mass-car-POHNE) Mascarpone adalah nama jenis keju soft crème khas Italia, berwarna putih susu dan berbentuk krim kental yang bisa dijadikan bahan olesan. Karena kandungan sodiumnya rendah maka keju mascarpone mudah rusak.
Minestrone :
(mih-nest-ROE-nay) Artinya “sup besar”. Minestrone adalah sup sayuran yang kental dan pada umumnya mengandung pasta di dalamnya.
Mint :
Mint adalah tumbuhan aromatik dari genus menthe. Digunakan dengan cara dimasukkan atau dicampur untuk memberi rasa pada liquor, permen, sirup atau sebagai rempah-rempah kuliner. Ada 25 jenis mint. Daunnya digunakan untuk memberi rasa pada saus dan salad, sayuran yang dimasak dan untuk membumbui hidangan daging.
Miso :
(mee-soh) Dikenal juga sebagai pasta kedelai atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Tauco Jepang. Dihasilkan dari kacang kedelai yang difermentasikan sehingga menjadi seperti mentega kacang. Memiliki keragaman aroma dan warna. Campur miso dengan sedikit air sebelum mencampur dengan bahan makanan lain agar mudah tercampur rata. Karena biasanya mengandung garam yang tinggi maka jangan tambahkan garam atau kecap sebelum mencoba rasanya terlebih dulu.
Sejarah: Miso masuk ke Jepang melalui daratan Cina. Pada awalnya biarawan Buddhis dan kaum bangsawan menggunakannya sebagai lambang kemewahan. Pada periode Nara (710- 784) menjadi bahan makanan sehari-hari dan pada perioide Muromachi (1392-1573) Miso telah menjadi bahan yang populer bagi rakyat kebanyakan. Saat ini miso telah menjadi bahan makanan yang sangat umum dan memainkan peranan penting dalam dapur kuliner Jepang.
Mozarella Cheese :
Mustard :
Bumbu masakan yang seringkali dijumpai di Indonesia berupa pasta berwarna kuning tua dengan rasa yang tajam. Dihasilkan dengan menghancurkan biji mustard sehingga keluar minyaknya kemudian dicampur dengan air atau cairan lain sehingga menjadi bentuk pasta. Mustard mengandung protein dan mineral (termasuk kalsium, potassium, dan niacin) yang tinggi serta rendah kalori dan kolesterol.
Biji mustard utuh digunakan di dapur India dan Cina sedangkan berbentuk pasta lebih sering digunakan di dapur barat.
Nacho :
(NAH-choh) Keripik Tortilla dengan ukuran agak kecil yang diatasnya diberi keju dengan irisan cabai atau saus cabai. Merupakan hidangan ringan khas Meksiko. Kata nacho kemungkinan berasal dari bahasa Spanyol yang berarti “hidung yang rata”.
Navajo Fry Bread :
Roti pipih tradisional suku Indian suku Indian Navajo di Amerika Serikat terutama di daerah Arizona dan New Mexico. Dibuat dengan mencampur tepung gandum, pengembang, garam dan air. Kadangkala dicampur dengan baking soda atau ragi (yeast).
Sejarah: Navajo Fry Bread adalah makan yang berkembang sebagai akibat dari masuknya tradisi Eropa ke masyarakat Indian asli Amerika. Dimulai ketika pada tahun 1886 sekitar 8.000 orang Indian Navajo ditahan di Fort Summer, New Mexico. Selama 4 tahun masa penahanan, mereka hanya diberi tepung dan lemak babi. Dari situlah orang Indian mulai mengembangkan pembuatan roti yang kemudian dikenal sebagai Navajo Fry Bread.
Nicoise :
Istilah yang digunakan untuk untuk menggambarkan hidangan yang disajikan sebagai makanan istimewa, hasil olahan para Chef dari kota Nice, Perancis. Garnis yang digunakan biasanya bawang putih, tomat, ikan anchovies, buah zaitun hitam, capers, dan air jeruk lemon. Salad Nicoise adalah hidangan yang paling terkenal. Terdiri dari kentang, buah zaitun, kacang polong dengan saus vinaigrette.
Nori :
(NOR-ee) Nori adalah sebutan dalam bahasa Jepang untuk lembaran rumput laut yang sudah dikeringkan. Berasal dari rumput laut dari genus Porphyra. Nori biasanya dijual dengan bentuk lembaran-lembaran tipis persegi dengan ukuran 19 X 21cm. Nori yang berkualitas tinggi akan tampak mengkilap, berwarna hitam dan beraroma baik serta memiliki tekstur yasng sangat lembut bahkan akan hancur hanya dengan dikulum. Sementara yang bermutu rendah akan berwarna kehijauan dan tidak mengkilap serta bertekstur tidak lembut. Di Jepang nori dengan kualitas terbaik sering dijadikan sebagai bingkisan hadiah.
Olive :
(Zaitun) Pohon zaitun adalah tumbuhan asli asia minor dan tersebar hingga ke Iran, Syria dan Palestina hingga ke daerah bawah Mediterania sejak 5000 tahun yang lalu. Buah zaitun berbantuk bulat lonjong (seperti buah juwet) berwarna hijau atau hitam.

Olive Oil :
(minyak zaitun) Minyak yang dihasilkan dari ekstraksi buah zaitun yang masak di pohon. Terdapat 3 jenis minyak zaitun (olive oil):
• Extra Virgin – Minyak zaitun yang kadar keasamannya kurang dari 1% dibuat dari perasan pertama buah zaitun yang benar-benar matang di pohon. Kebanyakan minyak zaitun yang ada di pasaran tidak benar-benar Extra Virgin.Digunakan untuk dressing dan aneka saus. Tidak untuk menggoreng atau menumis karena mengakibatkan rasa pahit
• Virgin – Dibuat dari buah zaitun yang tingkat kematangannya tidak seperti yang extra virgin. Cara produksinya sama dengan minyak extra virgin. Memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi (1,5%).
• Pure Olive Oil – Disebut juga minyak zaitun pasaran. Dibuat dari perasan dan ekstraksi bubur buah zaitun, kulit dan biji yang kemudian disuling. Memiliki warna yang lebih ringan dan tidak sepekat minyak zaitun yang virgin. Digunakan untuk keperluan serbaguna. Murni (pure) menunjukkan bahwa tidak ada bahan lain yang dicampurkan. Paling baik untuk menumis atau menggoreng
Omelet :
(AHM-leht) Telur kocok yang dimasak tanpa diorak-arik kemudian dihidangkan dengan membuat jadi bentuk setengah lingkaran atau bulan sabit. Dihidangkan dengan berbagai macam variasi isi seperti keju, bawang bombay, tomat, rempah-rempah atau daging.
Oncom :
Makanan rakyat di Indonesia yang terdiri dari dua jenis utama: oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah terbuat dari jamur Neurospora sitophila sedangkan oncom hitam terbuat dari jamur Rhizopus oligosporus.
Oncom merah umumnya dibuat dari ampas tahu, yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Sedangkan oncom hitam umumnya dibuat dari bungkil kacang tanah yang kadangkala dicampur ampas (onggok) singkong atau tepung singkong, agar mempunyai tekstur yang lebih baik dan lebih lunak.
Walaupun kedua bahan tersebut berupa limbah, tetapi ditinjau dari segi gizi sesungguhnya kedua bahan tersebut merupakan bahan yang padat gizi, sehingga sangat disayangkan kalau dibuang atau dijadikan pakan ternak.
Bahan baku lainnya yang diperlukan dalam pembuatan oncom adalah kapang. Kapang oncom dapat mengeluarkan enzim lipase dan protease yang aktif selama proses fermentasi dan memegang peranan penting dalam penguraian pati menjadi gula, penguraian bahan-bahan dinding sel kacang, dan penguraian lemak, serta pembentukan sedikit alkohol dan berbagai ester yang berbau sedap dan harum.

(sumber: http://id.wikipedia.org)
Oyster :
Paella :
(pa-AY-ya)Hidangan nasi khas Spanyol dengan bahan utama beras (nasi), buah tomat dan saffron. Bahan-bahan lain yang juga sering ditambahkan adalah ayam, kerang, udang dan paprika. Terdapat kurang lebih ratusan variasi resep paella yang ada dan semua mengklaim sebagai resep yang otentik.
Pancake :
Sering juga disebut Panekuk (dari bahasa Belanda Panekoek). Adalah kue yang berbentuk bundar tipis dibuat dari adonan yang agak encer dan digoreng di atas penggorengan tipis yang lebar. Adonan pancake biasanya dibuat dari telur, tepung terigu, susu atau air, minyak atau mentega cair. Pancake bisa dihidangkan dengan berbagai macam tambahan. Sirup maple biasa ditambahkan dan sudah menjadi image terutama di Amerika, es krim, saus vanilla, saus coklat, bahkan daging atau ikan tuna. Kue berbentuk pancake dengan berbagai macam bahan dan isi ditemukan dalam berbagai macam tradisi di hampir seluruh belahan dunia tidak hanya sebagai makanan tetapi juga di dalam berbagai macam perayaan seperti Candlemas di Perancis, Pancake Day Race Buckinghamshire, Hanukkah bagi orang Yahudi.
Panettone :
(pan-uh-TOH-nee)Dalam bahasa Italia artinya “Roti Besar”. Panettone adalah roti dengan tekstur yang ringan. Berisi kismis dan manisan buah. Merupakan hidangan khas kota Milan.
Panforte :
(pahn-FOR-teh)Gula-gula khas Italia yang merupakan kombinasi dari fruitcake, permen dan honey cake. Terdiri dari campuran sejumlah kecil tepung (hanya untuk mengikat mengikat buah dan kacang menjadi satu adonan). Nama Panforte memiliki arti “roti dengan aroma kuat” karena aroma rempah-rempahnya yang kuat. Di Italia disebut Sienna Cake. Aslinya adalah hidangan khusus pada saat Natal tetapi sekarang dapat dinikmati kapan saja.
Panzanella :
(pahn-zah-NEHL-lah) Panzanella adalah salad khas Italia yang terdiri dari roti, tomat, dan sayur-sayuran yang bisa dipetik dari kebun. Sayuran yang biasa digunakan adalah paprika, timun, bawang bombay, bawang putih (seringkali dalam jumlah banyak), capers, buah zaitun (olive) hitam, dan ikan anchovies bisa juga ditambahkan di dalam salad.
Paprika :
Paprika adalah istilah dalam bahasa Hungaria yang berarti cabai. Paprika adalah buah yang berbentuk seperti pot dengan warna merah tua, kuning atau hijau. Paprika bisa dibentuk menjadi berbagai macam sehingga seringkali dijadikan sebagai hiasan (garnish). Berasal dari Amerika Tengah dan ditemukan pertama kali oleh penjelajah Spanyol dan Portugis.
Parmesan Cheese :
(PAHR-muh-zahn)Parmesan adalah istilah yang digunakan di luar Italia (kadangkala di Italia juga) untuk menyebut sejumlah keju yang berjenis tua dan bertekstur sangat keras yang dibuat dan dikenal di daerah Italia sebagai keju yang diparut sebagai bahan taburan. Seringkali dijumpai sebagai bahan taburan Pizza dan pasta, tetapi juga bisa sebagai bahan taburan salad, daging atau hidangan lainnya. Lebih baik tidak membeli dalam jumlah banyak untuk menghindari basi atau berjamur.

Pate :
(pah-TAY) Adalah nama dari makanan mewah yang terbuat dari campuran hati dan daging dengan berbagai macam variasi. Biasanya berupa bahan olesan, disajikan hangat atau dingin sebagai hidangan pembuka (hors d’ ouvre atau appetizer).
Peach Melba :
Hidangan penutup (dessert) yang dibuat dari buah peach yang dipoach (semacam direbus), es krim vanilla, dan saus raspberry.
Sejarah: Chef terkenal dari Perancis bernama George Auguste Escofier (1846-1935) membuat kreasi hidangan ini di awal tahun 1900an di Ritz Hotel London untuk menghormati seorang penyanyi terkenal Nellie Mellba.
Pecan :
Pesto :
(PEH-sto) Pesto adalah saus khas Italia yang merupakan jenis saus yang tidak dimasak melainkan dengan menghancurkan bahan-bahan yang ada. Saus ini digunakan untuk pasta, hidangan daging maupun unggas. Saus Pesto dibuat dari daun basil segar, bawang putih, minyak zaitun (olive oil) dan keju parmesan. Kadangkala versi lain juga menambahkan peterseli (parsley) atau kacang pinus.
Petis :
Petis dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah (biasanya dari udang, kupang atau pindang) yang dipanasi hingga cairan mengental seperti saus yang lebih pekat. Dalam pengolahan selanjutnya petis ditambah dengan karamel gula batok yang menyebabkan petis berwarna coklat pekat dan berasa manis. Selain udang, di daerah Boyolali (Jawa Tengah) dikenal petis yang dibuat dari hasil sampingan olahan daging sapi. Berbeda dengan terasi yang dikenal luas di Asia tampaknya petis hanya dikenal di Indonesia saja
Petit Four :
(PEH-tee fohr) Hidangan kue atau cake berukuran kecil (sekali suap) yang dihidangkan secara buffet atau sebagai penutup dari sebuah jamuan besar.
Pinot Gris :
(pee-noe gree) Nama untuk jenis anggur putih (white wine) yang bersifat “kering”. Umumnya mempunyai ciri khas rasa yang agak sepat.
Pinot Noir :
(pee-noe WAHR)Nama untuk jenis anggur merah (red wine) klasik. Banyak diproduksi di daerah California dan Oregon.
Pistachio Nut :
(pih-STASH-ee-oh) Sejenis kacang berwarna hijau dengan kulit ari berwarna kuning kemerahan dan dilindungi kulit luar yang keras. Memiliki aroma gurih, manis dan lezat. Kacang Pistachio tidak mengenal musim. Jika membeli kacang Pistachio pastikan bahwa kulit luarnya terbuka karena kulit yang tertutup menunjukkan bahwa kacang belum matang.
Sejarah: Kacang Pistachio pada awalnya berasal dari daerah Timur Tengah. Menurut legenda merupakan kacang kegemaran Ratu Sheba. Walaupun awalnya berasal dari Timur Tengah, saat ini sudah dibudidayakan di Amerika Serikat, Italia, Turki dan Iran.
Pita :
(Pee-tah) Roti bundar pipih yang memiliki celah seperti dompet dan dapat diisi dengan berbagai macam bahan isian mulai dari ayam, daging, salad sampai keju.
Sejarah: Roti pita berasal dari daerah Timur Tengah dan sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu.
Pizza :
(PEET-suh) Bahasa Italia yang berarti “pie”. Pizza merupakan roti tipis dengan toping berbagai macam irisan bahan makanan, seperti ham, sosis, sayur-sayuran dan keju.
Sejarah: Istri-istri Italia yang miskin hanya mempunyai tepung, minyak zaitun (olive oil), lemak babi, keju dan rempah-rempah untuk memberi makan keluarga mereka. Jadi mereka harus sebisa mungkin menghasilkan sesuatu yang lezat dengan bahan-bahan tersebut. Pizza berkembang dari roti pipih bundar khas Italia (focaccia) yang kemudian diberi beragam toping diatasnya. Pada abad ke-16, Maria Carolina, Ratu Napoli, meminta suaminya, Raja Ferdinand IV untuk mengijinkan Pizza dibuat di dapur istana. Pada tahun 1889, Raffaele Esposito, seorang Pizzaiolo (pembuat pizza) menciptakan sebuah kreasi Pizza untuk Ratu Margherita dengan memberi toping tomat, daun basil dan keju (warna merah, hijau dan putih adalah warna bendera Italia). Yang kemudian menjadi dasar dari Pizza masa kini yang kita kenal. Saat ini Pizza sudah menjadi hidangan khas Italia yang paling terkenal disamping Spaghetti.
Plum Pudding :
Merupakan puding hangat yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang dengan teknik au-bain marie. Biasanya dihidangkan pada saat menjelang Natal. Pada awalnya Plum Pudding menggunakan buah plum kering tetapi perlahan-lahan sekitar abad 16-17 diganti dengan kismis. Nama Plum Pudding tapi masih tetap digunakan.
Polenta :
(poh-LEHN-tah) Polenta adalah istilah dalam bahasa Italia yang berarti “hidangan dari jagung”. Dibuat dari tepung jagung yang dimasak menjadi bubur atau semacam dodol yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegunaan. Polenta banyak digunakan dalam berbagai macam resep hidangan, mulai dari hidangan biasa sampai hidangan mewah.

Powdered Sugar :
Gula yang bertekstur sangat halus, disebut juga confectioners’ sugar. Di Inggris disebut sebagai Icing Sugar dan di Perancis Sucre Glace. Banyak digunakan sebagai taburan kue atau gula-gula serta sebagai bahan dasar campuran untuk lapisan kue (Icing).
Pretzel :
Adalah roti khas Jerman yang dilembabkan sebelum dipanggang untuk menghasilkan tekstur yang kenyal dan biasanya dibakar lagi lebih lama sekitar setengah jam untuk menghasilkan roti yang berwarna coklat tua, kering dan keras. Walaupun dikenal luas dengan nama Pretzel tetapi nama aslinya di Jerman adalah „Bretzel“.
Prosciutto :
(proh-Shoo-toh) Prosciutto adalah istilah dalam bahasa Italia yang berarti “ham”. Prosciutto cotto berarti ham masak. Istilah prosciutto digunakan untuk menggambarkan ham yang diproses dengan cara dibumbui, diasinkan dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Prosciutto adalah ham yang mahal dan beraroma kuat sehingga cukup digunakan sedikit saja.
Quark cheese :
(qwark) Adalah keju yang berjenis lembut, dengan tekstur dan aroma seperti krim asam (Sour Creme). Hal itu disebabkan karena Quark Cheese adalah jenis keju yang belum matang. Quark Cheese digunakan dalam pembuatan dalam berbagai macam hidangan seperti Cheesecake dan bahan dasar dari berbagai macam saus. Bisa juga digunakan sebagai pengganti krim asam untuk topping kentang panggang (Baked Potato). Sebaliknya pemakaian Quark Cheese juga dapat digantikan dengan krim asam.
Quiche :
(keesh) Berasal dari istilah bahasa Jerman “Kuchen” yang berarti “cake”. Quiche adalah pie atau tart yang terbuka diisi dengan telur atau bahan-bahan lainnya. Awalnya adonan roti yang digunakan untuk digunakan untuk membuat Quiche, tapi saat ini adonan pastry atau puff pastry lebih sering digunakan. Saat ini dapat ditemukan berbagai macam jenis Quiche, mulai dari yang tradisional seperti Quiche Lorraine sampai yang berisi brokoli, jamur, ham dan seafood (biasanya kerang). Quiche dapat dihidangkan sebagai makanan pengantar untuk sarapan, makan siang atau kudapan malam hari.
Sejarah: Quiche berasal dari Jerman, tepatnya dari kerajaan abad pertengahan, Lothringen yang dulunya diperintah oleh orang Jerman. Orang Perancis kemudian merubah nama Lothringen menjadi Lorraine. Quiche menjadi terkenal di Inggris pada masa setelah Perang Dunia II dan di Amerika Serikat sekitar tahun 1950.
Quiche Lorraine :
Merupakan jenis Quiche yang paling populer. Quiche ini dibuat dengan menggunakan isian berupa bacon yang berbentuk tipis panjang disusun pada dasar adonan pastry dengan keju Gruyere dan kemudian diisi dengan adonan telur kemudian dipanggang.
Ragout :
(ra-GOO) Bahasa Perancis yang berarti Stew. Biasanya terbuat dati daging atau unggas dengan kuah yang kental. Di Indonesia istilah ragout lebih dikenal sebagai bahan isian berupa saus putih kental yang berisi daging dan wortel. Biasanya sebagai bahan isian risoles, kue pastel atau kue soes.
Ramen :
(rah-men) Mie khas Jepang yang mempunyai tekstur halus dan tipis. Dapat diisajikan secara dingin atau hangat (panas).
Ravioli :
(rav-ee-OH-lee) Pasta berbentuk segi empat dengan ukuran kurang lebih 7,5 cm yang umumnya diisi dengan daging, keju atau sayur-sayuran. Dihidangkan dengan berbagai macam jenis saus.
Sejarah: Menurut legenda, para pelaut di Italia Utara yang menemukan Ravioli, karena mereka tidak mau menyia-nyiakan makanan yang ada di kapal.

Ricotta Cheese - :
(ri-COT-tah) Keju yang lembut dan empuk yang mempunyai tekstur mirip krim. Dibuat pertama kalo di Italia tetapi saat ini sudah dibuat diseluruh Eropa dan Amerika. Seringkali digunakan dalam hidangan Italia sebagai bahan isian untuk Ravioli, Lasagna dan Canelloni. Dapat juga digunakan sebagai bahan campuran dessert seperti Casata Siciliana atau Canelloni manis.
Riesling :
(REESE-ling) Anggur putih (white wine) klasik khas Jerman.
Risotto :
(rih-SAW-toh) Risotto selama ini dikenal sebagai nama hidangan nasi khas Italia. Namun sesungguhnya Risotto sendiri menggambarkan teknik memasak nasi a la Italia. Caranya adalah dengan memasukkan beras kedalam cairan panas (air atau kaldu) dan kemudian memasaknya selama ± 20 menit diatas api kecil. Umumnya pada saat cairan sudah hampir seluruhnya menguap, ditambahkan sedikit anggur putih (white wine). Tekhnik memasak ini akan menghasilkan hidangan nasi yang sangat khas. Risotto adalah hidangan khas dari daerah Piedmont, Lombardy, dan Veneto di Italia Utara.
Roquefort Cheese :
Adalah keju khas Perancis yang sengaja dibiarkan sampai tumbuh jamur yang berwarna kebiru-biruan. Jamur yang tumbuh didalam keju inilah yang bertanggung jawab atas aroma dan tekstur keju lembut serta rasanya yang khas dan istimewa. Keju Roquefort pertama kali disebut dalam catatan kuno dari biara di Conques, Perancis. Para raja Perancis seperti Charlemogne, Francois I dan Louis XIV sangat menghargai keju Roquefort dan menyebutnya "Raja segala Keju"
Rosti :
(ROOHS-tee)Dalam bahasa Swiss istilah Rosti berarti "renyah dan berwarna keemasan". Istilah ini mengacu pada hidangan yang biasanya terbuat dari kentang yang diparut kasar dan digoreng dengan mentega dan minyak hingga kering, renyah serta berwarna kuning keemasan. Umumnya ditemui di daerah Swiss yang berbatasan dengan Jerman dan dianggap sebagai makanan nasional setempat.
Sachertorte, Sachercake :
Merupakan cake coklat khas kota Wina, Austria yang sangat terkenal. Terdiri dari sponge cake coklat yang dibelah menjadi tiga lapis, dan pada tiap lapisnya diolesi selai aprikot. Sebagai "penutup" cake dilapisi dengan coklat cair dengan tulisan "Sachertorte" diatasnya. Biasanya dihidangkan dengan whipped cream.
Saffron :
Merupakan bumbu yang digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan. Diambil dari bunga kecil dari tumbuhan saffron crocus (Crocus sativus). Saffron merupakan bumbu termahal di dunia karena tiap bunga tanaman hanya menghasilkan paling banyak tiga helai serat merah, sedangkan dibutuhkan kurang lebih 14.000 helai serat untuk menghasilkan satu ons Saffron. Jadi satu ons Saffron sama dengan hasil dari 5.000 tanaman saffron crocus. Diperlukan satu acre untuk memperoleh satu pon Saffron. Spanyol merupakan negara pengekspor Saffron terbesar.
Sejarah: Santo Petrus, salah seorang rasul Yesus, mempergunakan Saffron untuk membumbui sup atau bubur. Orang Yunani dan Romawi jaman dahulu menggunakan Saffron untuk memberi wewangian di pemandian umum. Pada abad 13 para tentara perang salib membawa Saffron dari Asia ke Eropa. Di India Saffron digunakan sebagai tanda kasta yang tinggi.

Sake :
(SAH-kee)Sake adalah minuman beralkohol khas Jepang. Sake terbuat dari beras yang difermentasi. Di Eropa dan Amerika Sake juga sering disebut sebagai rice wine (anggur beras) karena aromanya yang mirip dengan anggur. Dihidangkan dalam keadaan hangat atau dingin. Selain sebagai minuman, Sake juga sering digunakan dam masakan Jepang, seperti layaknya anggur dipakai dalam hidangan Eropa.
Salsa :
Dalam bahasa Meksiko, Salsa berarti saus. Di negara asalnya, salsa dibuat dari kombinasi bahan-bahan yang segar dan seringkali tidak dimasak dan dihidangkan terpisah dari hidangan utama. Mirip dengan penyajian sambal di Indonesia. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat Salsa adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, rempah-rempah, bumbu serta cabe.
Sandwich :
Hidangan yang terbuat dari dua tangkup roti tawar atau lebih dan diberi isi sesuai keiinginan. Bahan-bahan yang biasanya digunakan sebagai isi Sandwich antaralain adalah daging, ikan, sayuran, ham, selai, keju atau irisan telur rebus.
Sardines :
Sashimi :
(SAH-shee-mee)Dalam bahasa Jepang Sashimi berarti "irisan ikan mentah". Sashimi terdiri dari dari irisan ikan yang sangat segar dengan kualitas yang terbaik. Ikan yang biasanya digunakan adalah fillet ikan tuna, salmon, hailbut, gurita dan lain-lain tergantung dari musimnya. Daging ikan diiris menjadi seukuran sekali suap dan dihidangkan dengan kecap dan wasabi.
Sauce :
(Saus)Istilah dalam bahasa Perancis yang berarti makanan perangsang yang digunakan untuk menambah selera dalam makanan. Sauce umumnya berupa cairan (bisa encer atau kental) untuk membuat hidangan terlihat lebih baik, beraroma dan menambah rasa.
Sauerbraten :
Bahasa Jerman yang berarti "daging panggang asam". Daging yang akan dipanggang direndam dulu selama lima hari atau lebih dalam saus asam manis, baru kemudian dipanggang. Paling bagus jika menggunakan daging bagian bawah. Konon jaman dulu Sauerbraten terbuat dari daging kuda.
Sauerkraut :
(SOW-uhr-kraut)Juga dikenal dengan nama Zeuerkol (Bahasa Belanda) yang berarti kubis asam. Sauerkraut terbuat dari sayur kol atau kubis yang diiris tipis-tipis lalu diberi garam kemudian difermentasi. Sangat umum ditemui dalam hidangan Jerman dan Belanda.
Sauté :
Teknik memasak dengan cara cepat dengan panas yang sangat tinggi menggunakan minyak atau mentega. Istilah di Indonesia adalah menumis.
Schnapps :
Merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut jenis minuman beralkohol dengan rasa yang kuat dan tidak berwarna. Dibuat dengan cara destilasi dari biji-bijian atau kentang. Schnapps memiliki aroma yang bervariasi. Yang paling umum adalah aroma peppermint, tapi terdapat juga aroma lainnya seperti kayu manis, vanilla, rootbeer, aprikot, blackberry atau mangga.
Schnitzel :
(SHNIHT-sehl)Bahasa Jerman yang berarti "irisan". Biasanya mengacu pada hidangan yang terbuat dari daging sapi muda. Daging sapi diiris dan dipukul sampai tipis, kemudian dilapisi dengan tepung roti kemudian digoreng dengan menggunakan mentega.
Scone :
(skon)Kue khas Skotlandia yang memmiliki tekstur yang lebih keras dari cake tetapi lebih empuk dari biskuit. Scones sangat enak dihidangkan hangat-hangat dari panggangan dari dan dimakan hari itu juga (tidak disimpan lebih dari satu hari).
Semifreddo :
Diterjemahkan secara bebas, semifreddo berarti “setengah beku”. Dibuat dari bahan yang sama seperti gelato, tetapi ditambahkan krim kocok kedalam adonannya. Pada dasarnya, Semifreddo menyerupai hidangan pencuci mulut lainnya, yaitu mousse.
Sesame Oil :
Sherbets, Sorbet, Sorbetto :
Sherbets dibuat dari campuran bubur buah, jus buah, gula, air dan putih telur. Di Perancis dikenal sebagai Sorbet (sor-BAY). Di Italia (Sorbetto) hidangan ini menjadi terkenal di beberapa restoran dan disajikan antara dua menu utama (main course), yaitu sebagai pemisah antara hidangan daging dan hidangan ikan dan berfungsi sebagai pembersih mulut, tetapi sebagai gantinya sorbetto menjadi ‘pembius’ mulut untuk menyambut kedatangan anggur merah (red wine).
Sirup Maple :
Adalah produk hasil olahan pertama dari getah yang dididihkan, diambil dari pohon Maple. Sirup Maple digunakan secara luas dalam berbagai macam resep. Pohon Maple biasa baru disadap getahnya setelah umur 30 tahun atau paling tidak berdiameter 10 inchi. 1 Pohon Maple bisa disadap 1 sampai 4 sadapan tergantung ukuran pohon. 1 Bagian bisa menghasilkan 10 galon dalam 1 musim. Biasanya disadap pada saat musim semi.
Sejarah: Sebelum sebagian Amerika menjadi koloni Perancis, orang Indian sudah mengumpulkan getah Maple untuk digunakan sebagai minuman manis, tetapi belum dididihkan agar menjadi sirup. Pada masa kolonial sirup maple umum digunakan sebagai pemanis.
Soufflé :
(soo-FLAY)Soufflé adalah kue khas Perancis yang memiliki tekstur sangat lembut dan mengembang. Terbuat dari putih telur yang dikocok hingga berbusa, ditambah kuning telur, susu dan kadang juga sedikit tepung. Kemudian dipanggang atau dikukus hingga mengembang. Seringkali dihidangkan sebagai hidangan penutup (dessert).
Soy Milk :
Susu yang dibuat dari olahan kacang kedelai (Soy). Memiliki rasa dan aroma yang khas. Jika disimpan dalam tempat tertutup dapat bertahan selama beberapa minggu. Dalam keadaan terbuka dapat bertahan sampai lima hari apabila didinginkan. Susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi dalam berbagai resep.
Spaetzle :
(SHPEHT-sehl)Makanan khas Jerman berupa mie kecil atau semacam kulit pangsit yang dibuat dari tepung, telur, air atau susu, garam dan kadang ditambah bubuk pala. Di Jerman, Spaetzle dihidangkan sebagai hidangan pendamping (Side Dish) seperti kentang atau nasi. Spaetzle yang direbus juga dapat ditumis dengan mentega dan bawang bombay sebelum dihidangkan.
Sponge Cake :
Cake yang terbuat dari tepung, telur dan gula tanpa pengembang atau baking soda.
Star Anise :
Di Indonesia lebih dikenal dengan nama Peka. Merupakan jenis rempah yang berbentuk seperti bintang. Sering dijumpai di pasaran dalam bentuk kering dan memiliki aroma wangi yang khas. Merupakan rempah penting untuk campuran bumbu five-spice-powder.
Star Fruit :
Buah Belimbing
Stew :
(Stu)Adalah nama hidangan yang dibuat dengan cara memasak yang disebut stewing. Stewing adalah teknik memasak dengan cara merebus potongan daging dengan sayur-sayuran atau bahan-bahan lain dan bumbu dalam waktu yang lama sampai daging menjadi lunak dan semua bahan tercampur sampai menghasilkan saus yang kental.
Sticky Rice :
Stilton Cheese :
Jenis keju Blue Cheese atau Roquefort Cheese khas Inggris. Sering dianggap sebagai keju terbaik di dunia. Dijual pertama kali pada abad ke-18 di Stilton, Hungtingdonshire Inggris.
Strawberry :
Buah dari keluarga Berry yang paling terkenal. Berwarna merah terang dengan rasa asam manis yang segar. Walaupun pada awalnya merupakan buah impor, tapi sekarang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di daerah dataran tinggi.
Strudel :
(STROO-dal)Hidangan penutup (dessert) khas Austria berupa kue yang terbuat dari adonan Fillo Pastry yang sangat tipis dan diolesi mentega cair di atasnya. Strudel biasanya diisi dengan buah-buahan yang sudah dimasak atau dipotong kecil-kecil, almond atau kacang-kacangan cincang, sedikit kayumanis (Cinnamon) dan sedikit brandy.
Sejarah: Dibawa pertama kali oleh orang Turki ke daratan Eropa Tengah pada abad ke-16 dan menjadi sangat populer di Austria.
Sugar - Gula :
Sucrosa, bahan pemanis paling populer di seluruh dunia. Dibuat dari tumbuhan atau buah. Di Indonesia pada umumnya terbuat dari tumbuhan tebu (Sugar Cane). Ada beragam jenis gula antara lain:
• Brown Sugar
• Castor/Caster sugar
• Granulated sugar
• Powdered Sugar
• Sugar Cube

Sugar Cube :
Dibuat dari gula pasir yang dibentuk menjadi kubus-kubus kecil dan dikeringkan.
Sukiyaki :
(Soo-kee-yah-kee)Di Jepang dikenal sebagai "hidangan persahabatan" karena tampak menarik bagi orang asing. Sukiyaki terdiri dari bahan utama daging dengan tambahan sayur-sayuran, jamur, tahu yang ditata secara apik dan menarik dalam satu tempat.
Sejarah: Pada awal abad ke-17 orang Belanda yang ada di Jepang dianggap sebagai yang pertama kali memperkenalkan bentuk Sukiyaki. Karena menggunakan bahan utama daging sapi maka pada saat itu hanya dihidangkan pada orang asing. Pada tahun 1873, Kaisar Meiji mendeklarasikan bahwa daging sapi boleh dikonsumsi. Sejak saat itu Sukiyaki menjadi hidangan populer di Jepang.
Sun Flower Oil - Minyak Bunga Matahari :
Minyak yang terbuat dari biji bunga matahari. Berwarna kuning pucat dan beraroma lembut. Dapat digunakan untuk semua jenis hidangan dan teknik memasak, mulai dari menumis, menggoreng, sebagai minyak salad dan lain lain. Memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan kadar lemak tidak jenuh yang tinggi,
Sushi :
(soo-shee)Dalam bahasa Jepang berarti "asam" dan kemudian berubah arti menjadi "acar ikan". Sushi adalah salah satu hidangan Jepang yang sangat populer. Berupa nasi khas Jepang yang dicampur dengan mirin kemudian digulung menggunakan nori dan diberi isiian ikan - mentah ataupun matang - seafood, sayur-sayuran, telur dan lain-lain. Biasa disajikan dengan wasabi dan kecap Jepang.
Swiss Cheese :
Sering juga disebut Emmentaler Cheese. Keju Swiss terkenal karena bentuknya yang berlubang-lubang seperti yang sering ditampilkan di film-film kartun misalnya Tom and Jerry. Berbentuk bulatan besar, keras dengan aroma kacang-kacangan yang khas. Dibuat pertama kali pada abad ke-15 di kanton Bern di daerah Emmentaler.
Tabasco Sauce :
Tapioca :
Di Indonesia dikenal sebagai tepung tapioka atau tepung kanji. Terbuat dari singkong yang dikeringkan dan kemudian diolah menjadi tepung. Biasa digunakan untuk memasak sebagai bahan pengental saus atau kuah dan sebagai bahan kue dan puding.

Tapioca Pudding :
Puding yang terbuat dari tepung tapioka. Dibuat pertama kali pada tahun 1894 oleh Susan Staveis, seorang ibu rumah tangga dari Boston yang mendapatkan singkong dari seorang pelaut.
Tartar Sauce :
Saus yang terbuat dari Mayonnaise dicampur dengan acar timun (pickles) yang dicincang dan seringkali disajikan bersama hidangan seafood.
Tartare Steak :
Hidangan yang terbuat dari daging cincang mentah yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah. Disajikan dengan toping kuning telur mentah diatasnya dan cincangan bawang bombay.
Tea :
(tee) - TehMinuman dari daun teh yang telah dikeringkan. Proses pengeringan daun teh sendiri ada beberapa macam, yaitu diangin-anginkan, dioxidasi atau difermentasi. Teh merupakan jenis minuman yang sangat umum yang dapat ditemui di seluruh dunia.
Beberapa jenis teh antara lain:
• Black tea (Teh hitam) – Jenis teh yang paling sering ditemui. Terbuat dari daun teh yang diproses secara oxidasi dan fermentasi untuk menghasilkan warna coklat kemerahan saat diseduh.
• Darjeeling tea – Termasuk jenis Black Tea, tetapi yang layank menyandang nama Darjeeling Tea adalah daun teh yang dihasilkan di daerah Darjeeling di lereng pegunungan Himalaya, India.
• Earl Grey tea – Teh yang tidak mengalami proses fermentasi. Banyak ditemui di China dan Jepang.
• Jasmine tea – Teh yang dikeringkan bersama bunga melati. Ada dua jenis teh melati, yaitu teh melati ala China dan teh melati ala Jawa (Indonesia).
• Oolong tea – Teh dengan karasteristik lebih ringan dengan daun teh yang lebih lebar. Sering disebut sebagai Chinese Tea.
• Orange pekoe tea – Jenis ini merujuk pada ukuran daun, bukan pada kualitas aroma.
Tempura :
Metode memasak khas Jepang yang menghasilkan hidangan gorengan berbalut tepung. Dibuat dengan cara menggoreng secara deep fried. Bahan makanan yang biasanya digunakan adalah seafood atau sayuran yang dibungkus dengan adonan batter yang terbuat dari kuning telur, tepung, minyak dan air. Digoreng hingga berwarna kuning keemasan.
Sejarah: Konon diperkenalkan pertama kalinya oleh Santo Fransiskus Xaverius pada abad ke-16. Dihidangkan pada awalnya di masa puasa bagi umat Katolik.
Teppanyaki :
Istilah Jepang yang berarti memanggang daging dan unggas. Hidangan panggang sangat sangat umum di Jepang dapat ditemui mulai restoran hingga kaki lilma. Bahan yang dipanggang antara lain daging, unggas, seafood dan sayur-sayuran dan dihidangkan dengan kecap dan Panzu (saus sari Citrus).
Terasi :
Terasi adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan atau udang yang difermentasikan. Berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam atau coklat, kadang ditambah pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi memiliki bau yang tajam dan rasa yang kuat. Biasanya digunakan sebagai bumbu sambal, tapi juga digunakan dalam berbagai resep masakan tradisional Indonesia
Thousand Island Dressing :
Jenis saus salad yang paling terkenal. Dibuat dari campuran Mayonnaise dengan saus tomat dan ditambah cincangan buah zaitun (olive), acar (pickles) dan paprika.
Thyme :
Tiramisu :
Dalam bahasa Itali yang berarti "jemput saya". Tiramisu adalah dessert khas Italia yang sangat populer. Kombinasi dari kue lady finger yang direndam Rhum, Zabaglione (custard khas Italia), mascarpone cheese dan coklat. Tiramisu adalah dessert yang mudah dibuat karena tidak perlu dipanggang.
Toffee :
Permen jenis chewy (empuk) yang dibuat dengan cara memasak gula (brown sugar), air dan mentega. Disebut juga sebagai permen karamel.
Tofu :
(TOH-foo) - TahuSebutan untuk tahu yang bertekstur sangat lembut (tahu sutra) atau tahu Jepang.
Torte :
Bahasa Jerman yang berarti "cake". Umumnya torte terbuat dari kacang-kacangan (hazelnut, almond, walnut) yang dihaluskan. Torte umumnya diiris menjadi beberapa lapisan kemudian diberi olesan krim, selai atau buttercream.
Tortellini :
Pasta yang berbentuk seperti bulat berdiameter kurang lebih dua sentimeter dengan isi daging cincang, sayuran cincang atau Ricotta Cheese.
Tortilla :
[1].Di Spanyol merupakan istilah untuk omelet.
[2].Di Meksiko Tortilla merupakan sejenis roti bundar pipih yang terbuat dari tepung jagung atau gandum. Tortillas di Meksiko selalu terbuat dari jagung.

Truffle :
[1].Sejenis jamur yang tumbuh sekitar 8 hingga 30 sentimeter dibawah tanah dekat dengan akar tanaman. Memiliki aroma dan rasa yang khas. Berwarna hitam, coklat dan putih. Truffle adalah jamur termahal di dunia. Umum digunakan dalam hidangan Italia dan Perancis.
[2].Coklat yang terbuat dari campuran mentega, krim, coklat dan liquer kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan dan dilapisi bubuk cocoa atau coklat cair. Disebut Truffle karena bentuknya yang mirip dengan jamur Truffle.
Truffle Oil :
Minyak Truffle adalah minyak zaitun (olive oil) extra virgin yang dicampur dengan essens jamur Truffle. Merupakan cara paling ekonomis untuk mendapatkan aroma Truffle hanya dengan meneteskan sedikit minyak pada saus, pasta atau salad.
Vanilla :
Vanilla berasal dari buah tropis dari jenis anggrek. Diambil dari isi buah yang sudah dikeringkan. Memberikan aroma wangi yang khas. Digunakan sebagai penambah aroma untuk kue, cake, dessert, es krim dan hidangan-hidangan manis lainnya. Yang banyak ditemui di pasaran biasanya dalam bentuk buah yang sudah dikeringkan, ekstrak vanilla murni, vanilla kristal atau gula vanilli.

Vegetable Oil :
Minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, sayuran atau biji-bijian. Minyak sayur merupakan jenis minyak yang mahal. Minyak sayur yang paling terkenal yang paling banyak ditemui do pasaran adalah minyak dari kacang kedelai.
Vermouth :
(ver-MOOTH)Minuman beralkohol yang terbuat dari campuran anggur putih (white wine), ekstrak herbal aromatik dan bumbu. Tersedia dalam bentuk white Vermouth dan red Vermouth. White Vermouth dapat menggantikan white wine dalam masakan. Merek Vermouth yang paling dikenal di dunia adalah Martini.
Vinaigrette :
Saus salad yang dibuat dari campuran minyak, cuka dan bumbu-bumbu.
Waffle :
(WAHF-fuhl)Sejenis kue yang dibuat dengan cara menuangkan adonan kedalam cetakan khusus sehingga setelah matang menghasilkan kue dengan pola tekstur yang khas. Dapat dihidangkan manis ataupun asin dengan berbagai macam topping.
Waldorf Salad :
Disebut juga Waldorf Astoria Salad. Salad buah klasik Amerika yang biasanya terbuat dari apel, jus lemon, irisan seledri, walnut dan mayonnaise.
Walnut :
Salah satu jenis kacang yang mahal harganya. Ada dua jenis Walnut, yaitu English Walnut dan Black Walnut. English Walnut adalah jenis yang lebih banyak tersedia sepanjang tahun.
Sejarah: Walnut sudah dikenal dan dikonsumsi sejak 7000 SM. Berasal dari daerah Persia.
Walnut Oil :
Minyak yang terbuat dari kacang walnut. Merupakan minyak dengan harga yang mahal., memiliki aroma walnut yang kuat. Sangat populer digunakan di hidangan Timur Tengah sebagai campuran saus, hidangan utama (main course) serta roti. Untuk mencegah Walnut Oil menjadi tengik sebaiknya disimpan dalam lemari es.
Wasabi :
(wah-sah-bee)Sejenis pasta yang terbuat dari tumbuhan sejenis horseradish sehingga di barat sering juga disebut sebagai pasta horseradish. Wasabi digunakan sebagai pendamping Sushi dan Sashimi di dapur Jepang. Berwarna hijau, mempuyai rasa pedas yang khas menusuk di hidung.
Wasabi powder :
Terbuat bukan dari wasabi asli, melainkan dari bubuk horseradish, bubuk mustard, tepung jagung dan perwarna artifisial.
Wonton :
Istilah untuk pangsit.
Worchestershire Sauce :
Yeast :
(yeest)Bahasa Inggris yang berarti ragi. Ragi adalah makhluk hidup mikroskopis, organisme bersel tunggal. Ragi menghasilkan alkohol dan karbondioksida (CO2). Digunakan dalam pembuatan roti dan tape. Ragi diaktifkan dengan mencampurnya dengan air hangat.
Yogurt, Yoghurt :
(YOH-gert)Berasal dari bahasa Turki. Merupakan produk olahan dari susu. Terbuat dari susu yang dicampur dengan bakteri fermentasi. Memiliki rasa asam yang sangat khas. Yogurt dapat digunakan sebagai campuran untuk minuman atau masakan seperti saus atau salad dressing. Umumnya ditemui di hidangan khas India, Timur Tengah serta Afrika Utara.
Yorkshire Pudding :
(YORK-sheer)Sejenis puding yang berbentuk menyerupai muffin dan merupakan hidangan pendamping (side dish) tradisional di Inggris untuk daging panggang. Nama Yorkshire Pudding diambil dari daerah di bagian Utara Inggris, Yorkshire.
Zabaglione :
(zah-bahl-YOH-nay)Bahasa Italia yang berarti "Punch dari telur". Dessert khas Italia yang bertekstur sangat lembut. Terbuat dari kuning telur yang dicampur dengan gula, sedikit garam serta Wine - umumnya Wine yang digunakan adalah Marsala Wine. Adonan ini dikocok diatas air hangat sampai adonan kuning telur tersebut matang dan mengental. Secara tradisional Zabaglione dihidangkan dalam keadaan hangat, langsung setelah dibuat. Dalam hidangan Perancis disebut Sabayon.
Zwieback :
Dalam bahasa Jerman berarti "dipanggang dua kali". Zwieback adalah irisan roti panggang kering. Sangat dikenal terutama bagi anak-anak karena mudah dicerna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar